Satpol PP Kab. Semarang – Satu rumah di dusun Krajan RT.07/RW.02, desa Lembu, Kecamatan Bancak, Kab. Semarang, dilanda kebakaran, Minggu (10/10/2021). Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, satu unit rumah tinggal yang berbahan papan/kayu seluas 90 meter dan kandang ternak seluas 45 meter  habis terbakar.

Katim Pemadam Kebakaran mengatakan, berdasarkan informasi dari korban dan para saksi, kebakaran itu disebabkan diduga berasal dari korsleting arus listrik yang berada di atap rumah bagian belakang. Ketika itu, korban sedang tak ada di rumah.

“Pemilik rumah sedang berada di sawah,” kata dia di lokasi kebakaran,

Menurut dia, peristiwa itu pertama kali diketahui oleh tetangga korban Bp. Sihabudin (42) dan Bp. Pujiyanto (44). Saksi melihat asap dari rumah itu. Namun, kondisi rumah keadaan terkunci. Alhasil, warga sekitar didampingi ketua RT setempat mendobrak pintu depan rumah.

“Sebelum didobrak, terjadi ledakan di dalam rumah. Diduga dari tabung gas yang terbakar,” kata Katim yang memimpin jalannya proses pemadaman api.

Saat itu, sebagian warga yang tinggal di dekat rumah yang terbakar sempat mengungsi ke rumah tetangganya yang aman. Warga khawatir api akan merembet ke rumah lain. 

Namun setelah petugas pemadam kebakaran datang, warga kembali ke rumahnya masing-masing. Mereka juga ikut membantu proses pemadaman. 

“Alhamdulillah tak ada korban jiwa. Untuk kerugian materi di perkirakan kurang lebih mencapai Rp. 100 Jt yang terdiri dari bangunan dan perabotan,” kata Katim. 

Menurut dia, saat ini api sudah dapat dikendalikan. Api juga tak merambat ke rumah lainnya.